Kewirausahaan | Semester Genap 2014-2015

Nama : Eza Vedyraksa Putra | NBI : 1461404606 | No. Telp : 082140109189


Kamis, 16 Februari 2012

Install ePSXe 1.6.0 di Linux

     Situs resmi ePSXe menyediakan dua versi aplikasi yang bisa diunduh, yaitu versi 1.7.0 untuk Windows dan versi 1.6.0 untuk Linux (native). Sebenarnya, anda bisa langsung menjalankan ePSXe versi Windows menggunakan WINE, namun entah mengapa, pada sistem saya ePSXe tersebut tidak bisa mengenali perangkat input kontrol saya, baik keyboard maupun gamepad. Oleh karena itu, saya memilih untuk menggunakan ePSXe 1.6.0 versi native (selanjutnya saya tulis sebagai “ePSXe“).

     Saat menggunakan Ubuntu 9.04 dulu, saya tidak mengalami masalah apa pun saat menjalankan ePSXe ini. Namun pada saat mencobanya pada Ubuntu 10.04, saya mengalami masalah dengan adanya library (pustaka) yang tidak ditemukan pada sistem, dan lebih parah lagi, pustaka tersebut sudah tidak tersedia pada repositori Lucid. Nah, kali ini saya akan membahas tentang cara menjalankan ePSXe pada Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.
CATATAN: Panduan berikut berlaku untuk Ubuntu 9.10 Karmic Koala dan Ubuntu 10.04 Lucid Lynx versi 32-bit.



Pertama, anda harus menginstalasikan beberapa pustaka yang dibutuhkan oleh ePSXe agar bisa dijalankan. Unduh dulu 3 berkas pustaka berikut: (diurutkan berdasarkan urutan instalasi)
  1. libgtk1.2-common – nama berkas: libgtk1.2-common_1.2.10-18.1build2_all.deb
  2. libglib1.2ldbl – nama berkas: libglib1.2ldbl_1.2.10-19build1_i386.deb
  3. libgtk1.2 – nama berkas: libgtk1.2_1.2.10-18.1build2_i386.deb
Setelah selesai diunduh, instalasikan ketiganya SECARA BERURUTAN dari paling atas. Setelah selesai menginstalasikan ketiga pustaka tersebut, silakan unduh berkas ePSXe dari situs resminya, lalu ekstrak berkas terkompresi ini.

Atur ijin akses "epsxe" agar bisa dijalankan

Atur ijin akses "epsxe" agar bisa dijalankan
Buka direktori hasil ekstrak ini, lalu klik kanan pada berkas/aplikasi epsxe, pilih Properties | Permission, beri centang pada opsi Execute: Allow executing file as program, lalu klik Close. Setelah itu, klik ganda pada epsxe untuk menjalankannya. ^^

Konfigurasi video pada ePSXe

Konfigurasi video pada ePSXe
Mohon maaf, saya tidak akan membahas mengenai cara instalasi dan konfigurasi plugin ePSXe. Kalau anda pernah menggunakan ePSXe pada Windows, saya rasa anda sudah paham mengenai cara konfigurasi ePSXe. Yang pasti, perlu diingat bahwa anda harus menggunakan plugin versi Linux, bukan versi Windows. Silakan coba unduh beberapa plugin ePSXe versi Linux di sini. Selamat mencoba!

Tampilan sebuah game Playstation pada ePSXe Linux

Tampilan sebuah game Playstation pada ePSXe Linux
Share this article :

1 comments:

 

Kewirausahaan - Copyright  © 2013 All Rights Reserved | Design by OS Templates Converted and modified into Blogger Template by BTDesigner


Modified again by Eza Putra | Back to TOP